Welcome to MTs AN NUR Bululawang

Jl Diponegoro IV Bululawang Malang Jawa Timur 65171 Tlp (0341)833244

SIAP MENCETAK GENERASI BANGSA YANG SHOLIHIN DAN SHOLIHAT BERAKHLAQUL KARIMAH

RPP Bahasa Indonesia Kelas 6a




















RPP
Bina Bahasa Indonesia
Kelas 6a















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema                
                                       ,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak 
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang                              
                                         Didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
                                      0 Siswa dapat menentukan latar  cerita
                                      0 Siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
III.Materi Pokok       : Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak yang pernah 
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                     
                                         0 Mendengarkan cerita anak         
                                      0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang                              
                                         Didengar
                                      0 Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
                                      0 Menentukan latar  cerita
                                      0 Menceritakan kembali cerita yang didengar
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  buku cerita anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      :  Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat memahami aneka  jenis iklan
                                      0 Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
                                      0 Siswa dapat  mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan isinya
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Iklan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang iklan  yang pernah 
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memahami aneka  jenis iklan
                                      0 Menyampaikan isi iklan secara lisan
                                      0 Mencari iklan dari surat kabar kemudian menyampaikan                 
                                         isinya
                               

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun iklan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting dari bacaan
                                      0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  yang  akan   
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca intensif teks bacaan
                                      0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
                                      0 Mencatat informasi penting dari bacaan
                                      0 Menanggapi isi bacaan                   

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : I
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Menyusun percakapan tentang berbagai topic dengan                    
                                               memperhatikan  penggunaan ejaan yang baik dan benar
                                               * Tanda titik dua ( : )     

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami penggunaan tanda titik dua ( : )     
                                            dalam teks percakapan
                                      0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
                                      0 Siswa dapat melengkapi teks percakapan yang belum selesai
                                      0 Siswa dapat memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek percakapan  yang  akan  
                                            dibaca atau didengarkan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memahami penggunaan tanda titik dua ( : )     
                                            dalam teks percakapan
                                      0 Memperagakan teks percakapan
                                      0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks     
                                         percakapan
                                      0 Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
                                      0 Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
       
                                     0  Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta perbuatan


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   : v
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu                                  
                                           Teks yang dibacakan/didengarkan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan teks     
                                      0 Siswa dapat melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat meringkas teks yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang didengar

III.Materi Pokok       : Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan 
                                            didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan pembacaan teks
                                      0 Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
                                      0 Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
                                      0 Meringkas teks yang didengarkan
                                      0 Menceritakan kembali isi teks yang didengar
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  buku lain yang relevan dengan materi pelajaran

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP




VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampaikan pesan /informasi yang diperoleh dari berbagaimedia dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara                                   
                                         tersebut
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang wawancara  yang pernah 
                                            Dilakukan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         : 0 Memperagakan wawancara bersama teman
                                        0 Menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                            tersebut
                                         0 Menyampaikan informasi penting seccara lisan

                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun wawancara

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca teks berisi informasi dari kolom                               
                                            tertentu
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan isi teks secara lisan
                                      0 Siswa dapat memahami kalimat permintaan
                                      0 Siswa dapat melengkapi kalimat permintaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek cerita  yang  akan  
                                            dibaca atau didengar
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca teks berisi informasi dari kolom                              
                                            tertentu
                                      0 Menjawab pertanyaan
                                      0 Menjelaskan isi teks secara lisan
                                      0 Memahami kalimat permintaan
                                      0 Melengkapi kalimat permintaan
                               
    
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : II
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi kartu pos           

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami isi kartu pos
                                       0 Siswa dapat  menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos                         
                                         dengan benar
                                        0 Siswa dapat  mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang                  
                                           sudah ditentukan
                                  
III.Materi Pokok       :   Kartu pos

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang kartu pos manfaat dan cara  
                                            pengisiannya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memahami isi kartu pos
                                       0 Menentukan bagian-bagian kalimat kartu pos                         
                                         dengan benar
                                       0 Mengisi kartu pos berdasarkan keterangan yang                  
                                          sudah ditentukan                
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
       
0        Mengisi  kartu pos dan mengirimkannya ke alamat                
      teman,sudara, atau guru

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,atau amanat dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru        
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat meringkas cerita yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan amanat cerita

III.Materi Pokok       : Cerita Anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang cerita anak  yang akan 
                                            Diperdengarkan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh               
                                            guru        
                                      0 Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks yang didengar
                                      0 Menentukan tokoh ,sifat,watak,latar cerita yang didengar
                                      0 Menentukan urutan peristiwa atau alur cerita yang didengar
                                      0 Meringkas cerita yang didengar
                                      0 Menentukan amanat cerita
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  bukucerita anak  lain yang relevan dengan materi pelajaran


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Siswa dapat menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                         tersebut
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi penting secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :   Kalimat pujian

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah                 
                                            diucapkan atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memperagakan wawancara bersama teman
                                      0 Menycatat informasi penting dalam wawancara                                  
                                         tersebut
                                      0 Menyampaikan informasi penting secara lisan
                              
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun kalimat pujian

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus                                               
                                              ( majalahanak,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang  akan  
                                            dibaca atau diperdengarkan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Membaca sekilas teks bacaan
                                       0  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                        0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan         
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : III
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan  makna puisi     

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
                                       0 Siswa dapat  membaca puisi dengan penghayatan yang baik                       
                                        0 Siswa dapat  memparafrasekan puisi
                                 
III.Materi Pokok       :   Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
                                       0 Membaca puisi dengan penghayatan yang baik                        
                                        0 Memparafrasekan puisi
                                   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Memparafrasekan puisi lain dan membacakan hasilnya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP







VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru        
                                      0 Siswa dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar
                                      0 Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri
                              
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan   yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerita anak yang dibacakan oleh              
                                            guru        
                                      0 Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan yang didengar
                                      0 Mencatat hal-hal penting dari bacaan yang didengarkan
                                      0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara lisan dengan kata-kata sendiri
                    
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  teks bacaan   lain yang relevan dengan materi pelajaran





V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( memuji, mengkritik) sesuatu  hal disertai alas an yang jelas dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca contoh tanggapan pembacaan puisi
                                      0 Siswa dapat menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :   Puisi anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi anak yang pernah                 
                                            Dibaca  atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca contoh tanggapan pembacaan puisi
                                      0  Menanggapi pembacaan puisi berdasarkan puisi yang telah disediakan secara lisan dengan bahasa yang santun
                                      0 Menanggapi pembacaan puisi teman secara lisan
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Menyusun puisi anak

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                      0 Siswa dapat  menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan
                               
III.Materi Pokok       :  Teks Bacaan pengamatan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan  pengamatan   
                                             yang  akan  dibaca
     B.Kegiatan Inti      :
                                        0 Membaca sekilas teks bacaan
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan
                                         0 Menanggapi pernyataan yang sesuai dengan teks bacaan            
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca teks bacaan lain / buku bacaan /laporan hasil pengamatan yang relepan

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IV
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi formulir  ( pendaftaran ,kartu anggota,wesel             
                                                pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar 

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami  cara penulisan wesel pos
                                       0 Siswa dapat  mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang 
                                          sudah ditentukan                     
                                        0 Siswa dapat  memahami kalimat anjuran yang tepat
                                        0 Siswa dapat membuat kalimat anjuran
                                 
III.Materi Pokok       :   Wesel pos

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Memahami  cara penulisan wesel pos
                                       0 Mengisi wesel pos berdasrkan keterangan yang 
                                          sudah ditentukan                     
                                        0 Memahami kalimat anjuran yang tepat
                                        0 Membuat kalimat anjuran
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Mengisi  blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang tua

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP







VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           







           



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-hal penting /pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan wawancara     
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang diperdengarkan
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang didengarkan
                             
III.Materi Pokok       :  Teks Wawancara

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks wawancara   yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan pembacaan wawancara 
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan teks wawancara yang                                  
                                         diperdengarkan
                                      0 Menentukan hal-hal penting pokok dari wawancara yang                 
                                         Didengarkan
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  teks wawancara    lain yang relevan dengan materi pelajaran




V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Siswa dapat menentukan informasi setiap paragraf
                                      0 Siswa dapat  menyampaikan informasi secara lisan
                                      0 Siswa dapat mencari informasi dalam bacan lain
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang pernah                 
                                            Dibaca  atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Menentukan informasi setiap paragraf
                                      0 Menyampaikan informasi secara lisan
                                      0 Mencari informasi dalam bacan lain
                                
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek lain dan meringkas isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP






VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat membahas isi laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
                               
III.Materi Pokok       :   Laporan hasil pengamatan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan laporan                           
                                            pengamatan   yang akan dibaca
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Membahas isi laporan hasil pengamatan
                                      0 Menjelaskan kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
                              
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan kemudian mencatat isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP









VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : V
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Membuat ringkasan  dari teks yang dibaca atau didengar

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca cerita pendek
                                       0 Siswa dapat  menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek  
                                          yang dibaca                   
                                        0 Siswa dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
                                        0 Siswa dapat merigkas cerita pendek yang dibaca
                                        0 Siswa dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang 
                                            terdapat dalam ceriota yang dibaca
0        Siswa dapat mencari anonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita yang dibaca

                                 
III.Materi Pokok       :   Teks Cerita pendek

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan  
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          :  0 Membaca cerita pendek
                                          0 Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita                     
                                             pendek    yang dibaca                   
                                        0 Menentukan urutan peristiwa cerita pendek
                                        0 Meringkas cerita pendek yang dibaca
                                        0 Mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang 
                                            terdapat dalam ceriota yang dibaca
                                      0 Mencari antonym kata-kata yang terdapat dalam  cerita                
                                         yang dibaca

                               
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
                                     0 Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam cerita pendek yang dibaca    

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikisai tokoh,watak,latar,temaatau amant dari cerita anak yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru    
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan
                                      0 Siswa dapat mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita              
                                         tersebut
                                       0 Siswa dapat menentukan latar dan tema  cerita anak
                                       0 Siswa dapat menentukan alur atau urutan cerita anak yang 
                                          dibaca
                                       0 Siswa adapat meringkas cerita anak yang diperdengarkan       
                                          berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan
                              
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita anak

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks cerita anak  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerit anak yang dibacakan guru
                                      0 Menjawab pertanyaan
                                      0 Mencatat tokoh cerita dan sifat tokohcerita              
                                         tersebut
                                       0 Menentukan latar dan tema  cerita anak
                                       0 Menentukan alur atau urutan cerita anak yang 
                                          dibaca
                                       0 Meringkas cerita anak yang diperdengarkan       
                                          berdasarkan urutan peristiwa yang telah ditentukan        

C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  cerita anak lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian meringkas dan menceritakan kembali




V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampainkan pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang runtut,baik,dan benar

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Siswa dapat menentukan hal-hal penting setiap paragrap
                                      0 Siswa dapat  menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan
                                      0 Siswa dapat mencari informasi di surat kabar dan mencatat 
                                         hal-ahal penting setiap paragraf
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang pernah                 
                                            Dibaca  atau didengarnya
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca tek bacaan dengan seksama
                                      0 Menentukan hal-hal penting setiap paragrap
                                      0 Menjelaskan kembali isi bacaan secara laisan
                                      0 Mencari informasi di surat kabar dan mencatat 
                                         hal-ahal penting setiap paragraf     
                                        
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek lain dan meringkas isinya


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      :  Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran,dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membuat pertanyaan  berdasarkan bacaan 
                                            informasi yang dibaca
                                      0 Siswa dapat memberikan tanggapan  berupa pertanyaan atau 
                                         saran
                                      0 Siswa dapat  menceritakan kembali  isi bacaan dengan kata- 
                                         kata sendiri
                                       0 Siswa dapat mencari informasi lain di surat kabar dan 
                                         mencatat hal-hal penting
                                       0 Siswa dapat menanggpi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :   Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan   yang akan                
                                            dibaca
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membuat pertanyaan  berdasarkan bacaan 
                                            informasi yang dibaca
                                      0 Memberikan tanggapan  berupa pertanyaan atau 
                                         saran
                                      0 Menceritakan kembali  isi bacaan dengan kata- 
                                         kata sendiri
                                       0 Mencari informasi lain di surat kabar dan 
                                         mencatat hal-hal penting
                                       0 Menanggpi isi bacaan
                                

                              
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VI
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Menyusun  percakapan tentang berbagai topic dengan                                         
                                               memperhatikan penggunaan ejaan
                                             * Memahami kalimat pengandaian

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca teks percakapan bersama teman 
                                             sebangku
                                       0 Siswa dapat  menentukan pokok pembicaraan dalam teks 
                                           percakapan                 
                                        0 Siswa dapat melengkapi percakapan yang belum lengkap
                                        0 Siswa dapat membuat percakapan bersama teman ,kemudian 
                                           memperagakannya
                                        0 Siswa dapat membuat kalimat pengandaian


                                 
III.Materi Pokok       :   Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan yang akan 
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                        0 Membaca teks percakapan bersama teman 
                                             sebangku
                                       0 Menentukan pokok pembicaraan dalam teks 
                                           percakapan                 
                                        0 Melengkapi percakapan yang belum lengkap
                                        0 Membuat percakapan bersama teman ,kemudian 
                                           memperagakannya
                                        0 Membuat kalimat pengandaian



                               
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Memnyusun percakapan dan memeprgakakannya di depan kelas          

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Menulis hal-halpenting/pokok dari suatu teks yang dibacakan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan berita radio  yang dibacakan guru 
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio  
                                         yang didengarkan
                                      0 Siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi berita radio  
                                          yang lain
                                       0 Siswa dapat menanggapi dan membuat kelsimpulan  isi berita  
                                          radio yang didengarkan

                             
III.Materi Pokok       :  Berita Radio

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang berita radio  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan berita radio  yang dibacakan guru         
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan berita radio 
                                         yang didengarkan
                                      0 Mencatat pokok-pokok informasi berita radio 
                                          yang lain
                                       0 Menanggapi dan membuat kelsimpulan  isi berita 
                                          radio yang didengarkan
       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  berita radio  lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( mengkritik/memuji ) sesuatu hal diseertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca percakapan berisi keritiok dan pujian
                                      0 Siswa dapat memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan
                                      0 Siswa dapat  membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan   dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Membaca percakapan berisi keritiok dan pujian
                                      0 Memuji dan mengkritik berdasarkan penjelasan
                                      0 Membuat percakapan menggunakan kalimat pujian dan kritik
                                
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membuat kalimat kritik atau pujian tentang suatu hal


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP








VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       : v
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      : Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan /kunjungan

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat membahas laporan hasil pengamatan
                                      0 Siswa dapat  memberuikan saran disertai alasan
                                       0 Siswa dapat menjelaskan isi laporan hasil pengamatan
                                       0 Siswa dapat membuat laporan hasil pengamatan  kemudian 
                                          menceritakannya
                               
III.Materi Pokok       :   Laporan hasil pengamatan/ kunjungan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek laporan hasil pengamatan        
                                            yang akan  dibaca             
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca laporan hasil pengamatan
                                      0 Membahas laporan hasil pengamatan
                                      0 Memberuikan saran disertai alasan
                                       0 Menjelaskan isi laporan hasil pengamatan
                                       0 Membuat laporan hasil pengamatan  kemudian 
                                          menceritakan           
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
                                             * Memahami keterangan waktu dan tempat

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membacakan puisi dengan lafal dan intonasi 
                                              yang tepat
                                       0 Siswa dapat  mengubah puisi  ke dalam bentuk prosa                 
                                        0 Siswa dapat menulis puisi dan membacakan dengan lafal 
                                           yang tepat
                                        0 Siswa dapat memparafrasekan puisi  ciptaan sendiri
                                        0 Siswa dapat memahami penggunaan keterangan waktu dan 
                                            tempat
                                 
III.Materi Pokok       :    Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi  yang akan 
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membacakan puisi dengan lafal dan intonasi 
                                              yang tepat
                                       0 Mengubah puisi  ke dalam bentuk prosa                 
                                        0 Menulis puisi dan membacakan dengan lafal 
                                           yang tepat
                                        0 Memparafrasekan puisi  ciptaan sendiri
                                        0 Memahami penggunaan keterangan waktu dan 
                                            tempat




                               
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Menyusun puisi  dan memparafrasekannya        

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat mendengarkan pembacaan dongeng         
                                      0 Siswa dapat menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan 
                                         dongeng yang didengar
                                      0 Siswa dapat menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang 
                                         didengar
                                       0 Siswa dapat menentukan latar,tema,dan amanat dongeng              
                                           yang didengar
                                       0 Siswa dapat menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang 
                                           didengar
                                       0 Siswa dapat menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng 
                                           lain yang dibacanya

                              
III.Materi Pokok       :  Teks Dongeng

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang dongeng  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan pembacaan dongeng     
                                      0 Menjawab dan membuat pertanyaan berdasarkan 
                                         dongeng yang didengar
                                      0 Menentukan tokoh dan sifat tokohdongeng yang 
                                         didengar
                                       0 Menentukan latar,tema,dan amanat dongeng              
                                           yang didengar
                                       0 Menceritakan kembali kesimpulan dongeng yang 
                                           didengar
                                       0 Menentukan tokoh,tema,dan amanat dongeng 
                                           lain yang dibacanya


       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  dongeng lain    lain yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menyampikan pesan /informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak ,Koran dll )

II.Indikator                   : 0 Siswa dapat membaca teks bacaan dalam surat kabar
                                      0 Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan
                                      0 Siswa dapat  mencatat informasi penting yang terdapat dalam 
                                         teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan
                               
III.Materi Pokok       :    Teks Bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan yang  dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Membaca teks bacaan dalam surat kabar
                                      0 Menjawab pertanyaan berdasarkan tek bacaan
                                      0 Mencatat informasi penting yang terdapat dalam 
                                         teks bacaan kemudian menyampaikan secara lisan
                                

                               
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas


V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca intensif teks bacaan
                                       0 Siswa dapat menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Siswa dapat  menanggapi isi bacaan informasi
                                       0 Siswa dapat membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian 
                                          mencatat informasi penting  dan menanggapinya
                               
III.Materi Pokok       :   Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan         
                                            yang akan  dibaca             
     B.Kegiatan Inti      :
                                          0 Membaca intensif teks bacaan
                                       0 Menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Menanggapi isi bacaan informasi
                                       0 Membaca teks bacaan di surat kabar ,kemudian 
                                          mencatat informasi penting  dan menanggapinya
                               
        
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengisi formulir ( pendaftaran,kartu anggota,wesel pos,daftar riwayat hidup dll)
                                              * Kalimat majemuk bertingkat

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memahami penulisan pormurlir pendaftaran
                                       0 Siswa dapat  mengisi pormulir pendaftaran dengan benar                  
                                        0 Siswa dapat mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian 
                                           membandingkannya
                                        0 Siswa dapat mengubah data dirindalam pormulir pendaftaran  
                                           kedalam bentuk narasi
                                        0 Siswa dapat memahami kalimat majemuk bertingkat
                                         0 Siswa dapat membuat kalimat majemuk bertingkat
                                          0 Siswa dapat memisahkan kalimat majemuk bertingkat 
                                             menjadi beberapa kalimat tunggal
                                 
III.Materi Pokok       :    Formulir Pendaftaran

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari                      
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang formulir dan kalimat 
                                            majemuk
     B.Kegiatan Inti      :
                                            0 Memahami penulisan pormurlir pendaftaran
                                         0 Mengisi pormulir pendaftaran dengan benar                 
                                         0 Mencari contoh pormulir pendaftaran kemudian 
                                           membandingkannya
                                         0 Mengubah data diri dalam pormulir pendaftaran  
                                           kedalam bentuk narasi
                                         0 Memahami kalimat majemuk bertingkat
                                         0Membuat kalimat majemuk bertingkat
                                         0Memisahkan kalimat majemuk bertingkat 
                                             menjadi beberapa kalimat tunggal                  
                               
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Menyusun pormulir pendaftaran anggota organisasi
                                     0 Menyusun kalimat majemuk bertingkat              

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MENDENGARKAN
         I.Kompetensi Dasar      : Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema,amanat dari cerita anak yang dibaca

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat mendengarkan cerita pendek kemudian                                           
                                            menjawab pertanyaan    
                                      0 Siswa dapat menentykan latar,amanat,tema cerita pendek
                                      0 Siswa dapat menentukan alur cerita pendek
                                       0 Siswa dapat menceritakan kembali isi cderita pendek

                             
III.Materi Pokok       :  Teks Cerita Pendek

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang Cerita pendek  yang akan 
                                            Diperdengarkan / dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Mendengarkan cerita pendek kemudian                                           
                                            menjawab pertanyaan    
                                      0 Menentukan latar,amanat,tema cerita pendek
                                      0 Menentukan alur cerita pendek
                                       0 Menceritakan kembali isi cderita pendek

       
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Membaca  cerita pendek lain   yang relevan dengan materi pelajaran kemuadian menceritakan kembali isinya

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP


VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                   




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memberikan informasi dan tanggapan secara lisan
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

BERBICARA
I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi ( mengkritik / memuji ) sesuatu hal disertai alas an denganmenggunakan  bahasa yang santun

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat memperagakan percakapan yang mengandung 
                                              kalimat pujian
                                      0 Siswa dapat memberikan tanggapan terhadap suatu hal 
                                           /keadaan
                                      0 Siswa dapat menyampaikan tanggapan kepada orang lain
                                       0 Siswa dapat membuat percakapan
                               
III.Materi Pokok       :    Teks percakapan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang teks percakapan  yang   
                                            dibacakan
     B.Kegiatan Inti      :
                                         0 Memperagakan percakapan yang mengandung 
                                              kalimat pujian
                                      0 Memberikan tanggapan terhadap suatu hal 
                                           /keadaan
                                      0 Menyampaikan tanggapan kepada orang lain
                                       0 membuat percakapan 
                               
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek percakapan  lain kemudian mencatat isi dan melaporkannya di depan kelas

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP





VI.Penilaian              : Tes lisan , tertulis dan produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
           

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   : Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu                         : 2 X 35 menit ( 1 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

MEMBACA
    I.Kompetensi Dasar      : Menanggapi informasi dari kolom/rubric khusus ( majalah anak,Koran dll )

II.Indikator                   :  0 Siswa dapat membaca teks bacaan dengan seksama
                                       0 Siswa dapat menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Siswa dapat  menentukan pokok pikiran setiap paragraf
                                       0 Siswa dapat menanggapi isi bacaan
                               
III.Materi Pokok       :   Teks bacaan

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang tek bacaan        
                                            yang akan  dibaca             
     B.Kegiatan Inti         :   0 Membaca teks bacaan dengan seksama
                                       0 Menjawab pertanyaan  berdasarkan teks bacaan
                                       0 Menentukan pokok pikiran setiap paragraf
                                       0 Menanggapi isi bacaan
                                          
   
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0  Membaca tek bacaan  yang relepan kemudian mencatat isinya dan memberikan tanggap

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP



VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   



           






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)

Pelajaran                      : IX
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester             : 6/ Pertama
Standar Kompetansi   :  Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis  
                                       dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu                         :  4 X 35 menit ( 2 X Pertemuan )
________________________________________________________________________

 MENULIS
    I.Kompetensi Dasar      :  Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa  dengan tetap memperhatikan makna puisi
                                             * Menggunakan ntanda garis miring dalam kalimat

II.Indikator                   :    0 Siswa dapat membaca puisi dengan penghayatan
                                         0 Siswa dapat  mencatat pesan atau amanat puisi                
                                         0 Siswa dapat memprafrasekan puisi yang telah disediakan
                                        0 Siswa dapat mencari puisi dan memparafrasekannya
                                         0 Siswa dapat mengenal tanda baca garis miring /
                                         0 Siswa dapat membubuhi tanda baca garis miring /
                                        
                                 
III.Materi Pokok       :    Teks Puisi

IV.Pengalaman Belajar
     A.Kegiatan Awal   :
                                         0 Tanya jawab tentang materi pelajaran yang akan dipelajari                     
                                         0 Mengajukan pertanyaan tentang puisi dan garis miring
     B.Kegiatan Inti      :
                                            0 Membaca puisi dengan penghayatan
                                         0 Mencatat pesan atau amanat puisi                
                                         0 Memprafrasekan puisi yang telah disediakan
                                        0 Mencari puisi dan memparafrasekannya
                                         0 Mengenal tanda baca garis miring /
                                         0 Membubuhi tanda baca garis miring / 
                                  
C.Kegiatan Akhir     :
                                     0 Tanya jawab,diskusi,penugasan
                                     0 Menyusun puisi dan membacakannnya di depan kelas
                                     0 Membubuhi kalimat  dengan garis miring                       

V.Metode/Sumber Belajar:

A.Metode                  : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
B. Sumber Belajar    :  Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP

VI.Penilaian              : Tes lisan dan tertulis sereta produk


A.Lisan                          : v
B.Perbuatan                   :
C.Proyek                        :
D.Produk                       :
E.Tertulis                        : v

VII.Skor Penilaian       :


 Mengetahui                                                                                     __________     2007
 Kepala Sekolah __________                                                          Guru Kelas 6


_____________________                                                               __________________                                                      
                                                                       
                                   








           





»»  BACA SELENGKAPNYA...